AdBrite

Your Ad Here

Your Ad Here

Berbagi ilmu dan informasi jendela cakrawala wawasan

Berbagi ilmu dan informasi membuka cakrawala wawasan, mudah-mudahan bermanfaat :)

Menyun Blog Certified By Paypal

Thursday, May 13, 2010

Waspadai Worm Baru di Yahoo Messenger

LONDON - Perusahan peneliti keamanan PC, BitDefender memperingatkan bahwa mereka telah mengidentifikasi worm baru yang menargetkan para pengguna instant messaging (IM).

Kebanyakan serangan worm tersebut fokus mengincar pengguna Yahoo! Messenger (YM) dan Skype, serangan menggunakan teknik yang canggih, dengan rekayasa sosial untuk mengelabui pengguna agar menginfeksi diri mereka sendiri. Demikian yang disitat Softpedia, Senin (10/5/2010).

Disebutkan, worm yang menyerang IM tersebut datang kembali dengan ancaman yang jauh lebih berbahaya, karena ini adalah malware kedua yang muncul dalam waktu kurang dari seminggu. Beberapa komunitas online beramai-ramai membahas bagaimana worm ini dengan cepat menyebar melalui Yahoo! Messenger.

Peneliti keamanan dari Vietnam Bkis salah satu di antara yang pertama melaporkan serangan baru tersebut, mengatakan saat ini, worm tersebut telah melampaui dan mempengaruhi YM dan Skype.

"Serangan tersebut masih menggunakan metode memasukkan URL berbahaya ke jendela chatting seperti (alias). Namun, keterampilan rekayasa sosial Worm kali ini jauh lebih canggih dari sebelumnya," mereka mengingatkan.

Pesan yang digunakan untuk memikat calon korban lebih menarik dan divariasikan dengan setiap serangan. Misalnya, "Does my new hair style look good? bad? Perfect? ;)" or "My printer is about to be thrown through a window if this pic won't come our right. You see anything wrong with it?"

Setelah korban terjebak, maka worm tersebut mulai melakukan infeksi di PC. Bkis menunjukkan bahwa jika worm sebelumnya Skyhoo menginstal klien IRC botnet, seperti Ymfocard, worm baru ini jauh lebih kompleks. Untuk satu, ia mampu memblokir perangkat lunak antivirus dan menggunakan komponen rootkit untuk menyembunyikan dirinya.

Selain itu juga menambahkan link berbahaya ke dokumen Word dan Excel dibuka. Serangan ini mampu juga menginfeksi removable drive USB dan menciptakan file autorun.inf untuk mengeksekusi sendiri.

YM dan pengguna Skype disarankan untuk latihan meningkat hati-hati ketika memilih untuk membuka link yang diterima dari teman-teman mereka. Dan seperti biasa, jika terhubung ke internet agar selalu update produk antivirus yang diinstal.


Sumber : Okezone

No comments:

Post a Comment

AdBrite

Your Ad Here

About Me

My photo
I'm Simple Man with Simple Mind