AdBrite

Your Ad Here

Your Ad Here

Berbagi ilmu dan informasi jendela cakrawala wawasan

Berbagi ilmu dan informasi membuka cakrawala wawasan, mudah-mudahan bermanfaat :)

Menyun Blog Certified By Paypal

Tuesday, May 11, 2010

Merawat Kura-kura Brazil





Fakta umum tentang kura-kura anda

Klasifikasi Trachemys Scripta Elegans

Nama umum: Kura-kura Brazil, Red-Eared Slider atau Florida turtle.

Penyebaran

Kura-kura ini merupakan hewan asli di daerah selatan Amerika Serikat dan sekarang telah ditemukan di banyak tempat di dunia. Mereka dibawa oleh orang yang membelinya sebagai hewan peliharaan yang kemudian dilepaskan ke alam bebas ketika mereka telah memutuskan untuk tidak mau memeliharanya lagi. Dan ini menyebabkan masalah besar. Seperti yang terjadi di Eropa selatan, kura-kura ini berlomba untuk hidup dengan kura-kura asli Eropa yang akibatnya kura-kura asli Eropa terancam punah.UkuranDapat tumbuh sampai 30 cmKehidupanDi alam bebas, kura-kura ini dapat hidup sampat 20 tahun, tetapi dalam tangkaran beberapa jenis telah dilaporkan bisa hidup sampai 40 tahun.

Fisik

Berwarna hijau tua dengan garis garis kuning dan memiliki bercak merah pada setiap sisi di kepalanya. Kura-kura ini dapat mudah dibedakan oleh rahang bawah nya yang lebih bulat dibanding jenis pseudemys yang lebih kotak. Jari-jari kaki belakangnya dihubungkan oleh selaput seperti bebek karena mereka hewan air.

Membedakan jenis kelamin

Jantan memiliki cakar yang lebih panjang di kaki depannya. Kloaka pada betina lebih dekat ke tempurungnya daripada jantan.

Image

Tempat tinggal

Kura-kura brazil adalah hewan air, maka dari itu anda perlu menaruhnya di aquarium yang nyaman yang dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhannya.

Jenis aquarium

Standar aquarium adalah solusi terbaik untuk kura-kura brazil, kalau anda tidak mau menyediakan kolam di luar. Salah aspek yang baik menggunakan aquarium gelas adalah anda dapat membersihkannya dengan seksama. Aquarium harus benar-benar bersih karena kesehatan kura-kura anda tergantung pada kebersihannya. Ingat, kura-kura brazil adalah binatang air dan mereka membuang kotoran padat dan cairnya ke dalam air, yang mana dapat menjadi sarang yang baik untuk kuman bakteri.

Tutup aquarium

Tutup aquarium banyak variasinya, beberapa ada yang berikut dengan lampunya. Akan tetapi faktor yang paling penting dari tutup aquarium ini adalah yang dapat membiarkan masuknya sinar alami dengan spektrum penuh. Jika bisa, usahakan mendapat sinar matahari langsung. Kebanyakan pemelihara kura-kura air menggunakan lampu berspektrum di atas aquarium. Tutup aquarium hanya dipakai jika aquarium diletakan di daerah yang sering terkena angin dan dingin cold drafts

Ukuran aquarium

Di tahun pertamanya, kura-kura brazil tumbuh sangat cepat dan yang dewasa dapat menjadi 10 inc. Ukuran aquarium anda tergantung pada ukuran kura-kura dan jumlah kura-kura yang anda miliki. Ingat, tambah besar aquariumnya, tambah baik untuk kura-kura anda. Untuk kura-kura dewasa berukuran 5 inch, aquarium 30 gal merupakan ukuran minimum yang dianjurkan. Isi dengan air yang cukup supaya dia dapat berbalik jika ia jatuh terbalik. Sekitar ¾ panjang kura-kura.

Filter

Ini sangat penting. Kesehatan kura-kura anda tergantung pada kwalitas air yang tersedia. Ingat kura-kura anda hidup dan bernafas pada air yang sama dimana mereka membuang kotorannya. Jadi jika airnya tidak bersih, mereka akan memiliki lebih banyak kuman di sekitar mereka dan kesempatan terkena penyakit juga bertambah. Dan jika anda memiliki filter yang baik, ini akan mengurangi beban anda, anda tidak perlu sering membersihkan sesering seperti tanpa filter. Kebanyakan permelihara kura-kura air menganjurkan filter tabung Fluval 403.

Pengahangatan dan suhu

Cara yang paling mudah menjaga suhu untuk tetap stabil adalah dengan menggunakan pemanas dalam air (submersible heater) yang bentuknya seperti tabung panjang berisi coated wire. Jenis heater ini sangat praktikal karena memiliki thermostat yang dapat anda set pada suhu yang perfed. Menjaga suhu antara 20 sampai 28 derajat C. Ini sangat penting karena suhu yang hangat membangkitkan sistem kekebalan tubuh pada kura-kura

Daerah berjemur

Anda perlu memberikan daerah di dalam aquarium anda dimana kura-kura dapat benar-benar menjadi kering berjemur di bawah sinar matahari atau lampu khusus reptil. Ini penting seperti yang telah dikatakan sebelumnya, kehangatan menimbulkan sistem kekebalan tubuh kura-kura anda. Dan juga karena kura-kura brazil mutlak membutuhkan sinar UV supaya dapat memproses makanannya dengan baik dan dapat menyerap nutrisi dari makanan.

Dekorasi aquarium

Pastikan dekorasi yang anda tambahkan tidak membahayakan kura-kura anda. Jika anda hendak menambah tanaman, pilih tanaman yang tidak beracun bagi kura-kura karena mereka mungkin mencoba memakannya. Tanaman plastik juga tidak dianjurkan. Jika anda menambah batu-batuan, pastikan batunya tidak memiliki ujung yang tajam yang dapat menggores cangkang kura-kura. Jangan menggunakan pasir halus karena kemungkinan kura-kura juga memakan batu-batu kecil yang dapat menyebabkan beberapa komplikasi yang serius. (berhubungan dengan usus)

Membersihkan aquarium

Jaga aquariumnya supaya rapi dan bersih. Jika anda tidak memiliki filter bersihkan setiap dua hari sekali. Jika kura-kura masih bayi dan tidak memiliki filter, bersihkan setiap hari. Jangan menggunakan produk yang abresif.

Pencahayaan dan Pemanas

Kura-kura brazil adalah hewan berdarah dingin yang artinya mereka tergantung pada suhu lingkungan untuk mengatur suhu tubuhnya sendiri. Inilah alasannya kenapa kura-kura di alam bebas akan menghabiskan waktunya berjemur berjam-jam dibawah sinar matahari. Kehangatan penting bagi kesehatan mereka. Matahari tidak hanya sebagai sumber panas bagi kura-kura tetapi juga sebagai sumber sinar berspektrum penuh dari infra merah ke ultraviolet yang bermanfaat bagi kura-kura.

Spektrum penuh matahari

Spektrum matahari terdiri dari sinar terlihat dan tidak terlihat. Sinar putih adalah sinar yang terlihat yang kita terima waktu semua spektrum sinar bercampur menjadi satu. Kita dapat membedakan setiap warna spektrum secara terpisah pada saat kita melihat pelangi. Sinar yang terlihat adalah antara dari sinar merah ke violet ungu. Pada saat kita melampaui sinar ini kita menghadapi sinar yang tidak terlihat – panas matahari dan ultraviolet. Kita dapat membedakan 3 grup sinar ultraviolet: UV-C, UV-B dan UV-A

UV-C: Sinar UV tipe C adalah sinar ultraviolet yang paling berbahaya karena mereka mengandung banyak energi dan panjang gelombangnya sangat pendek (dari 180 sampai 290 nm): mereka dapat menembus ke tissue cukup dalam. Terkena UV-C memiliki konsekwensi yang serius pada kesehatan hewan: kerusakan pada retina (kebutaan) yang tidak dapat diperbaiki, kanker kulit, dsb. Di alam, sinar UV-C disaring oleh lapisan ozon.

UV-B: Mereka berada diantara 290 dan 320 nm. UV-B adalah sinar yang bertanggung jawab atas melepuhnya pada kulit manusia waktu terkena sinar terjadi. Untuk reptil sangat penting, khususnya kura-kura karena membutuhkan sinar ini untuk sintesa. Banyak penelitian telah membuktikan pemberian tambahan vitamin D3 tidak diperlukan dalam makanan jika pemberian sinar UV-B diberikan setiap hari. Kami mengingatkan bahwa vitamin D3 penting untuk memperbaiki kalsium pada tulang maka dari itu mereka penting untuk pembentukan tulang yang dan termpurung kura-kura. Lapisan gelas tidak boleh dipasang antara daerah berjemur dan sinar berspektrum penuh karena gelas menyaring sinar UV-B.

UV-A: Mereka berada di gelombang yang tidak terlihat oleh mata dari 320 sampai 400 nm. Meskipun mereka mengandung sedikit energi daripada sinar UV-B dan UV-C, sinar UV-A juga menyebabkan sunburn/melepuh pada manusia jika terkena cukup lama. Bagi kura-kura sinar UV-A terlihat bagi mereka. Banyak reptil termasuk kura-kura menggunakan sinar UV-A untuk mengenali makanan atau mengenali pasangan yang cocok. Maka dari itu, berjemur dibawah sinar UV-A sangat bermanfaat bagi kehidupan mereka.

Pentingnya pencahayaan buatan

Anda memelihara kura-kura di lingkungan yang bukan habitat aslinya maka sangat penting untuk menyediakan sumber cahaya yang mendekati dengan cahaya alami. Kura-kura memerlukan sistem pencahayaan yang dapat menghasilkan panas, berspektrum penuh dan mengandung sinar UVA dan sinar UVB. Kura-kura memerlukan sistem pencahayaan yang akan menjaga siklus siang malam dan membantu mereka memproses nutrisi dari makanan yang anda sediakan.

Sumber panas

Maksudnya disini adalah bukan mengganti pemanas yang ada didalam air tetapi menyediakan panas di daerah berjemurnya dan menghangatkan lingkungannya. Mayoritas lampu pijar (inkandesen) atau lampu halogen menghasilkan panas. Kami melihat ada lampu spot infra merah di toko-toko tetapi saya pribadi tidak menganjurkan mereka untuk kura-kura: Mereka tidak memberi manfaat tambahan sebagai lampu spot dan warnanya tidak alami. Lebih baik menggunakan lampu spot biasa atau yang lebih bagus lagi lampu spot yang dirancang khusus untuk reptil (lampu neodymium).

Lampu fluoresen berspektrum penuh dan lampu komplemen UVA/UVB

Di toko anda mungkin menjual bermacam-macam lampu berspektrum penuh yang khusus dirancang untuk reptil. Kebanyakan pemelihara kura-kura menganjurkan produk seperti reptisun, reptistar, namiba yang menghasilkan sinar UVB 5 % dan UVA 30 % selain menghasilkan sinar berspektrum penuh. Pergantian lampu dianjurkan setiap tahun sekali karena UVB dan UVA yang dihasilkan berkurang. Membuat daerah yang kering juga diperlukan supaya kura-kura anda dapat keluar dari air dan berjemur. Perlu diingat bahwa lampu fluoresen tidak menghasilkan panas. Supaya kura-kura anda berjemur, anda perlu menyediakan lampu spot untuk menghangatkan daerah jemurnya. Karena suhu hangatlah yang membuat kura-kura keluar dari air untuk berjemur.

Lampu self-ballast mercury vapor

Lampu sering dilewatkan karena harganya yang mahal, tetapi mereka merupakan pilihan yang terbaik untuk aqua-terarium yang besar. Tidak saja lampu ini bisa menjadi sumber panas, mereka juga memberikan UVB dan UVA yang bermanfaat. Daya tahannyapun lebih lama dibanding sumber lampu lainnya. Mereka benar-benar dirancang untuk aquarium yang lebih besar karena mereka hanya tersedia pada watt 100 W dan 160 W. Hati-hati dalam pemasangannya karena lampu sangat powerful dan menyediakan panas dan sinar UVA dan sinar UVB yang cukup banyak, mereka bisa berbahaya jika tidak dipakai dengan benar.Lampu hitamLampu ini memancarkan sinar ungu gelap dan mungkin anda telah melihat lampu ini sering dipakai untuk tanaman. Meskipun demikian saya pribadi tidak menganjurkan lampu ini untuk kura-kura karena dalam tes uji, lampu ini memperlihatkan bahwa manfaatnya hanya sedikit untuk kura-kura dan ada beberapa kasus yang dilaporkan bahwa kura-kura menjadi buta oleh sinar ini dalam jangka waktu yang singkat.

Masa pencahayaan

Maksudnya adalah hanya mengatur lamanya lampu menyala atau mati. Jika anda mau membuat kura-kura anda berhibernasi anda harus memiripkan ke musim alaminya. Contohnya: menyediakan pencahayaan lebih banyak di musim panas karena di musim inilah sinar matahari bersinar lebih lama. Anda dapat menggunakan timer untuk menyalakan atau mematikan lampu lainnya dan membuat kondisi lampu yang alami. Contohnya menyalakan lampu berspektrum penuh selama 8-10 jam dan di timer lainnya menyalakan lampu spot selama 6 jam untuk menyamakan jam-jam terhangat dalam sehari.

Filter

Kita tidak bisa mengelak, kura-kura air memang mengotori cukup banyak, bisa karena mereka menggali di dasar aquarium atau kebiasaan makannya yang mengoyak makanan dengan cakarnya. Mereka juga membuang kotorannya sendiri ke dalam aquarium. Oleh sebab itu kwalitas air cepat menjadi buruk dan perubahan ini dapat berbahaya untuk kura-kura anda.Jenis sistem filter yang mana yang dipilih untuk aquarium?Tergantung dari jenis aquarium, volumenya, dan interior desainnya, sistem filter yang berbedapun juga dapat dikombinasikan. Contohnya untuk aquarium kecil yang tidak dekorasinya selain batu yang digunakan untuk daerah berjemur, filter tidak perlukan asal air diganti setiap hari. Tetapi rutinitas ini dapat menjadi terpaksa jika anda berhalangan beberapa hari atau anda menanam tumbuhan di dalam aquarium yang ditambah dengan pasir atau aquarium yang volumennya besar. Maka dari itu, filter aquarium yang efisien menjadi suatu keharusan.Filter internalUntuk aquarium kecil dimana kura-kura muda dipelihara, filter internal memberikan hasil yang cukup baik. Tergantung dari tenaga pompanya, filter ini dapat digunakan untuk volume sampai 60 liter. Karena volume penyaringan kecil, mereka sebaiknya dibersihkan lebih sering, tergantung dari ukurannya.

Filter undegravel (dibawah pasir)

Sistem filter ini menggunakan pasir aquarium itu sendiri sebagai media penyaringnya. Gerakan airnya dihasilkan oleh pompa udara atau pompa air. Pompa air aquarium(powerhead) lebih efisien dan memastikan air bersih menyebar ke semua permukaan filter. Meskipun menjadi kontroversi, filter ini merupakan pelengkap yang baik bagi filter eksternal untuk aquarium kura-kura yang besar karena filter ini memastikan timbulnya bakteri pengurai dengan baik yang penting dalam penguraian kotoran.

Filter eksternal(luar aquarium)

Filter ini penting jika aquariumnya berkapasitas 100 liter atau lebih. Karena ukurannya, filter eksternal memberikan kombinasi semua sistem filtrasi: filter mekanik, filter biologis dan filter kimia. Perawatannya juga mudah karena tangan anda tidak perlu masuk ke dalam aquarium untuk mengganti filter medianya. Yang anda perlukan adalah mematikan listrik filternya, tutup kran air masuk dan keluar dari filter dan anda dapat memisahkan filternya lalu membersihkan di lain tempat. Sangat mudah. Salah satu kelebihan filter luar/eksternal memberi ruangan dalam aquarium. Filter model yang terbesar sekarang menyediakan pemanas di dalamnya sehingga mendapat ruang yang dalam aquarium. Anda sebaiknya memilih filtrasi yang memiliki output keluaran yang tinggi untuk memastikan penyaringan yang sempurna. Dianjurkan untuk memiliki pompa dengan kapasita 3 sampai 4 kali volume aquarium dalam satu jam. Anda juga bisa menggunakan dua filter ini sekaligus jika anda memiliki aquarium yang besar.Mengganti airMeskipun anda telah menggunakan filter, mengganti air tetap diperlukan. Karena nitrat yand dihasilkan dari penguraian atau filter tidak akan hilang dengan efisien tanpa pergantian air. Dianjurkan untuk mengganti air 1/3 dari airnya setiap minggu. Ganti dengan air bersih hangat.

Makanan

Kura-kura brazil adalah hewan yang makan apa saja tetapi anda perlu memberi makan mereka dengan makanan yang sesuai Macam-macam makananMenvariasikan makanan sangat penting untuk untuk kura-kura untuk memastikan kesehatan keseluruhannya. Jangan memberi makan hanya satu macam saja. Anda bisa memberinya berbagai macam makanan hidup seperti jangkrik, cacing tanah, keong air, ikan cere, buah-buahan, sayuran, makanan komersil dan suplemen vitamin.

Berapa sering kasih makannya

Kura-kura anda akan selalu meminta-minta makanan. Kura-kura brazil memiliki nafsu makan yang sangat besar. Kebanyakan pemelihara kura-kura memberi makan yang baik setiap dua hari sekali. Berapa banyak makanan yang baik? Sampai kura-kura anda kenyang dan berhenti makan. Pemelihara lainnya memberi makan dua kali seminggu. Saya pribadi memberi mereka makanan porsi kecil sekali setiap hari. Jika kura-kura anda gemuk, anda harus memperhatikan apa yang anda berikan atau anda harus mulai mengurangi pemberian makannya.

Makanan komersil

Ada berbagai macam makanan komersil untuk kura-kura. Anda dapat memberi makan dengan makanan komersial tetapi anda anda harus memvariasikan makanannya. Jangan hanya memberi makanan komersial saja. Periksa isi nutrisi makanannya. Sebaiknya proteinnya kurang dari 35% dan makanan komersial yang baik untuk kura-kura adalah yang mengandung kalsium dan vitamin A. Suplemen vitaminAnda dapat memberi suplemen vitamin dua kali seminggu. Di kebanyakan toko-toko, anda dapat melihat macam-macam vitamin bubuk atau cair yang dibuat khusus untuk reptil. Pastikan suplemennya mengandung vitamin A, karena ini sangat penting untuk kesehatan mata kura-kura.

Buah dan sayuran

Kebanyakan toko-toko akan memberi tahu anda bahwa kura-kura brazil adalah hewan karnivora. Ya, mereka memang lebih suka makan serangga daripada tanaman, tetapi bukan berarti mereka tidak perlu makan sayuran. Mereka tidak mendapat vitamin A yang cukup jika hanya makan serangga dan makanan komersial saja. Anda perlu memberinya sayuran yang kaya dengan vitamin A seperti wortel. Beberapa kura-kura juga menerima lettuce, tomat, pepaya, cantaloupe atau pisang. Jangan beri dia bayam atau collard green karena mereka dapat menyebabkan komplikasi pencernaan. Jika kura-kura menolak total akan buah dan sayuran maka anda hanya memiliki dua pilihan: anda harus benar-benar memberi suplemen vitamin yang mengandung vitamin A atau paksa kura-kura anda untuk makan sayuran.Tanaman airBeberapa kura-kura akan makan tanaman air, maka jika anda mau mendekorasi aquarium anda bersama mereka, pastikan tanamannya tidak beracun untuk mereka. Beberapa tanaman yang kura-kura akan makan diantaranya adalah water hyacint, water lili, elodia, duckweed. Memberi makan kura-kura anda dengan tanaman air adalah ide yang bagus karena tanaman ini banyak mengandung vitamin A and juga memberi tempat berteduh bagi kura-kura.

Jangkrik

Jangkrik adalah makanan yang baik untuk kura-kura. Mereka merupakan makanan komplit dan juga mengasyikan melihat kura-kura mengejar mereka. Anda bisa mendapatkannya di toko-toko dan mereka relatif murah. Atau anda dapat mengembak-biakan sendiri.

Cacing tanah

Cacing tanah juga makanan yang baik untuk kura-kura dan sangat mudah dikembang-biakan. Salah satu masalahnya adalah jika kura-kura anda masih bayi, anda mungkin harus memotong cacingnya terlebih dahulu sebelum anda memberinya kepada mereka.

Keong air

Makanan alami yang baik yang tidak saja berfungsi sebagai makanan tetapi juga sebagai pembantu filter. Keong akan memakan makanan yang kura-kura anda tidak makan. Anda tidak memerlukan aquarium yang besar untuk menernak mereka.

Daging mentah, daging ayam atau ikan

Kura-kura sangat menyukai daging mentah, tetapi makanan ini tidak bagus untuk kura-kura. Daging mentah mengandung terlalu banyak lemak dan akan menyebabkan kegemukan pada kura-kura. Lagipula mereka tidak memberi kura-kura nutrisi yang sangat dibutuhkan. Daging ayam mentah… hati-hati salmonella. Anda dapat kadang-kadang memberi daging yang sudah dimasak tanpa bumbu. Ikan, saya menganjurkan untuk memberi ikan cere atau ikan guppy. Anda dapat kadang-kadang memberi ikan jenis lain tetapi coba hindari ikan laut. Anda sebaiknya menghindari memberi makan kura-kura anda dengan ikan yang telah dibekukan sebelumnya. Ikan ini mencegah menyerapnya beberapa nutrisi dan dapat menyebabkan masalah jangka panjang.

Tulan sotong

Tulang sotong juga bagus. Mereka adalah sumber kalsium untuk kura-kura dan bersamaan itu pula tulang sotong membantu menajamkan paruh mereka. Tulang sotong dapat ditempelkan di aquarium atau dibiarkan mengambang dan membiarkan kura-kura mengejarnya. Anda dapat membelinya di toko-toko termasuk di toko burung karena mereka juga dipakai untuk burung.

Kura-kura anda menolak makan

Jika kura-kura anda menolak makanan yang sebelumnya mereka sangat suka memakannya, jangan khawatir. Kura-kura brazil memang rewel dan kadang-kadang mereka hanya mau sesuatu yang lain daripada yang lain. Kadang-kadang masalahnya adalah karena anda memberinya sesuatu yang dia lebih suka tetapi tidak mendapatkannya dan kura-kura ini terus menunggu sampai anda memberinya makanan itu lagi. Jika kura-kura menolak untuk satu jenis makanan, coba berikan makanan lainnya. Selama kura-kura masih makan sesuatu maka tidak ada masalah kesehatan yang perlu dikhawatirkan. Anda patut curiga bahwa kura-kura anda sakit pada saat ia menolak segala jenis makanan yang anda berikan.

Penyakit

Bagaimana mencegah penyakit

Kebanyakan penyakit yang timbul disebabkan oleh kwalitas airnya yang buruk, kurang pencahayaan yang cukup untuk berjemur dan gizi yang kurang baik.

Kapan anda patut mecurigai adanya penyakit?

  • Mata bengkak. Kura-kura terus menutup matanya.
  • Tidak mau makan
  • Perubahan prilaku
  • Pernafasaan yang tidak normal atau pilek
  • Perubahan warna atau bercak putih pada tempurungnya
  • Diare

Apa yang sebaiknya anda kerjakan jika terserang penyakit

  • Naikan suhu ke 23 sampai 30°C
  • Jaga airnya untuk tetap bersih
  • Terus memberi bermacam makanan ke kura-kura
  • Perhatikan adanya kotoran yang tidak biasa

Gejala dan Penyakit

Dibawah ini adalah daftar gejala umum dan penyakitnya. Pakailah ini sebagai petunjuk dan selalu ke dokter anda untuk diagnosa yang lebih akurat.

GejalaKemungkinan Penyebab
Jendulan yang kecil-kecil (tumor abcesses)
Kekurangan vitamin E, masalah gizi
Tidak tenang, resahMasalah usus, sembelit, penahanan telur, parasit usus
Kurang nafsu makan Hampir mencakup semua keadaan yang fatal
Darah dalam kotoran Luka pada usus yang disebabkan oleh bound, septicemia, amebiasis dan parasit usus lainnya
Bernafas dengan mulut terbuka Pilek, radang paru-paru
Berbunyi waktu bernafasPeradagangan virus pilek
Perubahan warna pada karapas/tempurungKebanyak kaporit/chlorine dalam air, masalah gizi, kekurangan vitamin A
Punggung(rachytism), Karapas cacatKekurangan vitamin D3, hy dan kekurangan fosfor, kurang terkena matahari langsung atau sinar UV, masalah gizi, aquarium terlalu kecil. Pyraymiding
Skat (scutes) lepas berjatuhanKekurangan vitamin A. Jika kura-kura juga menderita perubahan warna atau bercak seperti cahaya di tubuhnya, serangan mycose patut dicurigai
Pelunakan tempurungPunggung mengalami rachitysm.
Bercak pada karapas dan kulitKekurangan vitamin A, terkena parasit mycetes
Sesuatu yang tergantung pada kloakaTurunnya penis atau usus
Sembelit/susah buang air besarMasalah nutrisi seperti terlalu banyak makanan kering, masalah usus, penahanan telur
DiareMasalah nutrisi, memberi buah-buahan terlalu asam, parasit usus
Pembengkakan telingaLuka bernanah disebabkan oleh otitis, kena pilek
Mata mengeluarkan nanah atau air mataPeradangan virus pilek
Mata exhorbitedKekurangan vitamin A, makanan yang buruk – kebanyakan lemak, infeksi kelopak mata
Kelopak mata menempel menjadi satuKeluar dari hibernasi, pilek, atau ada sesuatu di matanya, kurang gizi
PendarahanPendarahaan generalized tetapi jarang, kulit bewarna merah, sangat lesuKeracunan darah (septicemia)
Bercak putih atau kekuningan di dalam mulut.Pembusukan mulut(herpes)
Lendir seperti benang keluar dari mulut dan hidungPilek, peradangan virus pilek
Lumpuh (sebagian atau semuanya)Trauma umum, jatuh,
Ganti kulit (shedding) yang berlebihanKebanyak kaporit/chlorine di dalam air
Berenang mundur setelah menggosok kepalanya pada tempurungnya atau kepala selalu berada di dalam tempurungnyaRasa tidak menyenangkan di bagian depan
Berenang miring atau berat sebelahRadang paru-paru (pneumonia)
Kerongkongan bengkakPeradangan dalam mulut (stomatitis), herpes
MuntahKura-kura makan terlalu cepat, reaksi alergi terhadap obat

Kekurangan vitamin (Hypovitaminosis)

Di halaman adalah daftar gejala kekurangan vitamin tertentu yang dapat terjadi pada kura-kura.

Vitamin A

Gejala: cacat mata, mata yang exhorbited, penglihatan kabur dapat menjadikan kebutaan total, bercak putih pada tempurung, hilangnya sebagian dari kulit di leher dan kaki dan juga skat.

Mencegahnya: Beri suplement dua kali seminggu dan juga makanan yang kaya akan vitamin A seperti water hyacintch, tomat, udang gammarus tetra.

Pengobatan: injeksi 60-120,000 IU vitamin A per kg dan suntikan kedua dua atau tiga minggu kemudian.

Vitamin D3

Gejala: Rasio pertumbuhan yang lambat, pembentukan karapas yang tidak bagus, radang tulang belakang (rachytism)

Pencegahan: Suplemen vitam dua kali seminggu, kenai sinar matahari langsung atau lampu berspektrum penuh selama 8-12 jam per hari.

Vitamin E

Gejala: benjolan, Nodules, lipomes, abcesses of fatty tissues

Pengobatan: Suntikan suplemen multivitamin, mengangakat luka/borok

Grup Vitamin B

Gejala: Masalah dengan sistem syaraf utama, lesuPencegahan: Suplemen vitamin dua kali seminggu

Pengobatan: Suntikan suplemen multivitamin, minyak ikan (cod liver oil), organ ikan

Kekurangan zat besi

Gejala: cacat pembentukan dan rasio pertumbuhan yang lambat

Pengobatan: beri makanan yang kaya akan zat besi seperti hati sapi

Kekurangan fosfor dan kalsium

Gejala: Jika dua zat ini tidak tersedia pada rasio yang sesuai, kura-kura akan menderita seperti gejala kekurangan vitamin D3. Perlu diingat bahwa vitamin D3 adalah yang bertanggung jawab atas pengikatan kalsium dan fosfor dalam tulang

Pencegahan: Berikan tulang sotong ke kura-kura anda atau tambahkan suplement vitamin yang kaya akan kalsium pada makanannya dua kali seminggu. Jemur dibawah sinar matahari langsung atau lampu berspektrum penuh.

Perawatan: suntikan suplemen multivitamin.

Penyakit mata

ImageJika kura-kura anda selalu menutup matanya, membengkak dan akhirnya tidak mau makan. Kemungkinan terjadi infeksi mata. Infeksi ini disebabkan karena air yang kotor atau kekurangan vitamin A. Gantilah airnya lebih sering. Naikan suhu ke 23 sampai 30°C. Nyalakan terus lampu jemurnya. Anda dapat membersihkan matanya dengan air distilasi dan larutan boric acid atau air dengan garam atau standard sulfamethiazine. Lakukan pada pagi dan malam hari. Anda dapat menggunakan cotton-bud untuk mengolesi larutanya. Coba buka kelopak matanya supaya larutannya bisa masuk ke dalam matanya. Beri kura-kura anda suplemen vitamin secara rutin. Anda bisa mendapatkan suplemen ini di toko-toko. Jika anda tidak melihat adanya kemajuan pada kondisi kura-kuranya dalam jangka waktu 5 hari, bawalah segera ke dokter.

Infeksi pernafasan

Gejala: hidung meler, mulutnya tidak benar-benar tertutup rapat atau berbunyi, berenangnya miring ke satu sisinya, lesu dan tidak mau makan.
Yang perlu dilakukan: Jika infeksi pernafasannya masih dalam tahap ringan, ikuti pedoman ini, jika sudah parah bawalah ke dokter segera. Tutup ruangan dengan rapat untuk menghindari kotoran udara. Jaga airnya untuk tetap hangat, inilah faktor yang paling penting untuk kura-kura untuk dapat memerangi infeksi ini. Jika anda memiliki lebih dari satu kura-kura, pisahkan yang sakit dari yang lainnya, karena infeksi ini menular. Jika kondisinya tidak membaik dalam lima hari, bawalah segera ke dokter.

Infeksi jamur tempurung

ImageJika kura-kura seperti memiliki lapisan putih pada tempurungnya, anda bisa mencurigai infeksi jamur. Jika infeksinya belum parah, anda dapat mengikuti pedoman dibawah ini, jika sudah parah bawalah ke dokter. Untuk mengatasi infeksi jamur yang belum parah, mandikan kura-kura dengan air garam selama 30 menit setiap hari. Anda akan melihatnya perubahannya dalam dua hari dan akan sembuh dalam 10 hari. Jika anda tidak melihat perubahan dalam seminggu, bawalah ke dokter.

ImageTempurung lunak

Tempurung lunak dan terlihat bercak putih. Kondisi yang serius ini yang disebabkan oleh kekurangan kalsium dan kurangnya sinar berspektrum penuh. Meskipun anda memberi kura-kura anda makanan yang kaya dengan kalsium seperti tulang sotong atau suplemen kalsium, kura-kura tidak akan dapat memproses kalsiumnya dengan baik jika tidak ada sinar berspektrum penuh. Jika anda telah memiliki lampu berspektrum penuh, tambahkan waktu jemurnya. Jika lunaknya sudah parah atau tidak ada kemajuan, bawalah segera ke dokter.

Sembelit

Penyebab sembelit (susah buang air besar) adalah pada makanannya. Ini sangat mudah dilihat. Jika anda perhatikan waktu anda kasih makan dan kura-kura anda tidak buang air besar, kemungkinan kura-kura anda sembelit. Seringnya buang air besar terngantung pada seringnya anda memberi makan dan jenis makanan yang dimakan. Sebagai peraturan umumnya, jika anda melihat kura-kura anda menendang-nendang ekornya dengan kaki belakangnya dan tidak ada gerakan perutnya beberapa saat, anda dapat menebak adanya sembelit. Taruhlah kura-kura di wadah dengan air yang lebih hangat daripada air yang ada di aquariumnya. Suhu yang lebih hangat akan mempengaruhi gerakan proses perutnya. Jika tidak terjadi apa-apa, maka tunggulah 5 jam lalu cobalah sekali lagi. Variasikan makanannya, jangan memberi makan yang selalu sama setiap kali.

Sumber : Hewan Peliharaan



No comments:

Post a Comment

AdBrite

Your Ad Here

About Me

My photo
I'm Simple Man with Simple Mind