AdBrite

Your Ad Here

Your Ad Here

Berbagi ilmu dan informasi jendela cakrawala wawasan

Berbagi ilmu dan informasi membuka cakrawala wawasan, mudah-mudahan bermanfaat :)

Menyun Blog Certified By Paypal

Sunday, May 23, 2010

Penggolongan Sinar Pijar Baru dan Sistem Display

Penggolongan Sinar Pijar Baru dan Sistem Display

Ditulis oleh Awan Ukaya 
sinar pijarSuatu pemrosesan baru dalam pembuatan light-emitting diodes (LEDs) anorganik yang teramat sangat kecil dan tipis dan merancangnya ke dalam susunan yang besar memberikan suatu penggolongan sinar baru dan sistem display dengan properti yang menarik, seperti konstruksi yang tembus pandang dan fleksibilitas mekanis, yang kelihatannya tidak mungkin untuk didapatkan dengan teknologi yang ada.
Aplikasi untuk susunannya, yang dapat dicetak kedalam substrat yang datar atau fleksibel berkisar dari kaca sampai plastic dan karet, termasuk iluminasi umum, display home theater dengan resolusi tinggi, monitor yang dapat dipakai dalam kesehatan, dan peralatan pencitraan biomedis.
“Tujuan kami adalah mengawinkan beberapa keunggulan teknologi LED anorganik dengan skalabilitas, memudahkan pemrosesan dan resolusi LEDs organik,” kata John Rogers, Ketua Profesor Flory-Founder Materials Science and Engineering di Universitas Illinois.
Rogers dan para kolaboratornya di Universitas Illinois, Universitas Northwestern, Institute of High Performance Computing di Singapore, dan Universitas Tsinghua di Beijing menjelaskan pekerjaan mereka pada tanggal 21 Agustus yang diterbitkan di jurnal Science.
Dibandingkan dengan LEDs organik, LEDs anorganik lebih cerah, sempurna dan tahan lama. LEDs organik, bagaimanapun, sangat atraktif karena mereka dapat dibentuk pada substrat fleksibel, sangat padat, pada susunan yang terkoneksi satu sama lain. Teknologi baru para peneliti ini menggabungkan kedua fitur tersebut.
“Dengan mencetak susunan yang besar dari LEDs anorganik yang teramat sangat kecil dan tipis serta mengkoneksikan satu sama lainnya dengan menggunakan pemrosesan lapisan yang tipis, kita dapat menciptakan sinar umum dan system display dengan resolusi tinggi yang sebaliknya tidak dapat dibangun dengan cara konvensional dimana  LEDs anorganik dibuat, dimanipulasi dan dirakit,” kata Rogers.
Untuk mengatasi beberapa persyaratan pada ukuran peralatan dan ketebalannya berkaitan dengan pemotongan seperti wafer yang konvensional, pengemasan dan metode ikatan kabel, para peneliti mengembangkan teknik pengembangan epitaxial dalam menciptakan LEDs dengan ukuran sampai 100 kali lebih kecil dari biasanya. Mereka juga mengembangkan pemrosesan pencetakan dalam merakit peralatan tersebit ke dalam susunan yang kencang, fleksibeldan substrat yang dapat direntangkan.
Sebagai bagian dari proses yang berkembang, suatu bahan lapisan sakrifisial dilekatkan di bawah LEDs. Saat fabrikasinya selesai, suatu etchent kimia yang basah memidahkan lapisan ini, meniggalkan LEDs yang terurai di bawah air, tetapi masih ditambatkan pada titik pusat.
Untuk menciptakan suatu susunan, sebuah stempel karet menyentuh permukaan wafer pada titik yang terpilih, mengangkat LEDs pada titik tersebut, dan mentransfer mereka pada substrat yang diinginkan.
“Proses penstempelan memberikan sebuah alternative yang lebih cepat pada proses standard robotis ‘pick and place’ yang memanipulasi LEDs anorganik pada suatu waktu,” kata Rogers. “Pendekatan baru ini dapat mengangkat sejumlah besar LEDs yang kecil dan tipis dari wafer dalam satu langkah, dan kemudian mencetak mereka kedalam suatu substrat di langkah lainnya.”
Dengan mengganti – ganti posisi dan mengulangi proses penstempelan, LEDs dapat ditransfer ke lokasi lainnya pada substrat yang sama. Pada pola ini, panel – panel sinar dan displays yang banyak dapat dibuat dari LEDs yang kecil yang terbuat dari susunan yang padat tunggal, secara komparatif wafer yang kecil. Dan, karena LEDs dapat ditempatkan terpisah dan masih memerlukan output sinar yang cukup, beberapa panel dan display hampir ter;ihat transparan. Geometri peralatan yang tipis tersebut memperbolehkan penggunaan pemrosesan metode lapisan tipis, dari pada ikatan kawat untuk interkoneksinya.
Sebagai tambahan pencahayaan dalam keadaan solid, panel – panel instrumen dan system display, fleksibel dan  bahkan lembaran yang dapat direntangkan  pada LEDs yang dicetak dapat diperoleh, dengan penggunaan potensial dalam industri perawatan kesehatan.
“Dengan membungkuskan lembaran yang dapat direntangkan dari LEDs yang kecil diseluruh tubuh manusia  memberikan kesempatan menarik pada biomedis and bioteknologi,” kata Rogers, “meliputi aplikasi dalam pengawasan kesehatan, diagnostik dan pencitraan.”

Sumber : Chem-is-try

No comments:

Post a Comment

AdBrite

Your Ad Here

About Me

My photo
I'm Simple Man with Simple Mind